Jumat, 25 Juni 2010

Hiperinflasi di Zimbabwe (episod dua)



hemmmm,

kali ini postingannya ceritanya agak serius. hehehe
Ayok deh kita mulai aja. Capcus!!

Udah pada pernah denger dong pasti ama yang namanya inflasi?
Ya emang ini sebenernya deket ama kehidupan sehari-hari.
Kalo pada pernah denger mamak nye bilang, "Beh tambahin nape uang bulanannye. Pade naek semua harge2. Ke pasar aje kemaren kagak telor, gule, beras, tepung, baju, naeeeek semue tuh hargenye. Cabe ni beh yang kemaren hargenye 15 rebu sekiloan sekarang naek jadi 23 rebu. Buset dah kagak cukup kalo uang bulan ni cuma sigini." (hahaha Emak-emak banget yak! Pengalaman pribadi)

Nah itu tuh yang mirip2 dibilang inflasi.
Jadi inflasi itu adalah kecenderungan naiknya harga barang-barang kebutuhan secara umum di berbagai tempat. Makanya nih kalo orang bilang nilai uang jadi berkurang. Yang tadinya dengan jumlah nominal myang sama bisa dapet labih banyak barang, sekarang jadi lebih dikit dapetnya. Yaaa itu tadi karena harga-harga jadi makin mahal.

Habis ngebahas masalah inflasi sekarang kita masuk ke hiperinflasi.
Jadi ceritanya nih pertamanya denger dari ibu dosen yang namanya unik (heheh piss ibu ^^v) waktu kuliah statistik distribusi dan jasa. Waktu itu ibu bilang ini ada terjadi di negara di Afrika bagian selatan. Biar penasaran kagak usah disebutin dulu yee negaranya. Heheheh. Masa di negara itu ampe dikeluarin mata uang setempat yang satuan nilainya bermilyar-milyar dalam satu kertas. Satu kertas. Bayangin dah tuh! Mumet-mumet dah ngebayanginnye. Di negara kita aja yang pecahan paling gedenye 100 rebu udah kawatir kan pemerintah kalo2 nilai mata uang kita turun lagi. Nah ini yang katanya beli roti atu aje harus bawa duit segepok gimane kagak mumet tuh orang2 disana. Makanya saya jadi tertarik nih buat searching2 artikel tentang negara ini. Yang pada postingan sebelumnya dibilang nih artikel2nye kagak tau pada acak adul dimana gara2nye kelamaan kagak dibaca. Hahahaha

Katanya nih berdasarkan sifatnya inflasi kan dibagi tiga: creeping inflation (inflasi merayap), galloping inflation (arti kata nya apa yak?), terus yang satu lagi ini nih namanya hyperinflasi.
Sebenernya nih kalo yang namanya inflasi itu nilainya kecil, bisa bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi makro.
Dari artikel pada http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_9313/title_inflasi/ disebutkan katanya inflasi yang terkendali itu dapat merangsang terjadinya aktivitas ekonomi suatu negara. Dan lagi dampak positifnya, inflasi yang terkendali akan mendorong masyarakat untuk terus bekerja keras meningkatkan kesajahteraannya untuk menyesuaikan nilai riil pendapatannya terhadap perubahan harga. Nah kan sebenernya inflasi ini ada juga manfaatnya.
Masih dari sumber artikel yang sama, ini nih ceritanya gimana inflsi mempengaruhio variabel-variabel makro lainnya. Cekidot!
1. Inflasi akan menjadikan turunnya pendapatan riil masyarakat yang memiliki penghasilan tetap. Kaena dengan penghasilan yang tetap mereka tidak dapat menyesuaikan pendapatannya (menaikkan pendapatannya) dengan kenaikan harga yang disebabkan karena inflasi. Sebaliknya, bagi mereka yang memiliki penghasilan yang dinamis (pedagang dan pengusaha misalnya) justru biasanya akan mendapat manfaat dari adanya kenaikan harga tersebut, dengan cara menyesuaikan harga jual produk yang dijualnya. Dengan demikian pendapatan yang mereka peroleh pun secara otomatis akan menyesuaikan, dan tidak jarang dengan prosentasi yang lebih besar.

2. Inflasi menyebabkan turunnya nilai riil kekayaan masyarakat yang berbentuk kas, karena nilai tukar kas (uang misalnya) tersebut akan menjadi lebih kecil, karena secara nominal (sesuai angka yang tertera di mata uang ) harus menghadapi harga komoditi per satuan yang lebih besar.

3. Inflasi akan menyebabkan nilai tabungan masyarakat menjadi turun, sehingga orang akan cenderung memilih menginvestasikan uangnya dalam aktiva yang lebih baik, daripada menabungkan uangnya ke bank. Dengan gejala ini, tentulah akan mengoyahkan dunia perbankan sebagai salah satu sumber perolehan dana yang cukup penting di Indonesia.

4. Inflasi akan menyebabkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi terhambat, sebagai contoh : dari sektor perdagangan luar negeri, maka komoditi ekspor Indonesia menjadi tidak dapat lagi bersaing dengan komoditi sejenis di pasar dunia. Dari sektor kurs valuta asing sendiri, maka akan menyebabkan nilai rupiah mengalami depresiasi / penurunan nilai. Akibatnya nilai hutang luar negeri Indonesia menjadi membengkak. Dan masih banyak akibat – akibat kurang baik dari adanya inflasi.

Udah tau kan jadi kenapa inflasi juga bakal membawa dampak yang merugikan.

Terus, ini nih yang lebih gawat. Hiperinflasi. Hiperinflasi ini merupakan inflasi yang nilainya melebihi 100%. Bayangin aja harga-harga jadi naik berlipat-lipat. Udah gitu dampaknya perputaran uang juga makin nambah cepet dah. Harga-harga jadi naik lagi kaya pake percepatan. Ckckckck
Kalo udah gini kan kasian jadinya orang-orang yang kenaikan pendapatan nominalnya nggak lebih cepet dari kenaikan harga-harga atau malah lebih kasian lagi kan yang pendapatan nominalnya nggak naik nggak acan. Aduh-aduh mau dipake beli apa duitnya wong barang2 pada naik semua harganya.

Ini yang ditunggu-tunggu kayanya. Jadi nama negara yang diceritain ama ibu dosen saya yang mengalami inflasi gila-gilaan adalah.........

Jrengjrengjreng
give me Z give me I give M give me B .... halaaaah kelamaan! ZIMBABWE


Dari artikel di kompas.com tahun 2008 disebutkan gini nih:
Negara yang semula makmur itu, kini mengalami krisis pasca-pemilu. Hiperinflasi telah melanda negara itu, dengan inflasi membumbung tinggi dari 165.000 persen pada Februari menjadi 2,2 juta persen pada Juni lalu.

Bank Sentral Zimbabwe Januari lalu, mengedarkan uang kertas 10 juta dolla, pada April uang kertas 50 juta dollar diterbitkan. Mei, mengedarkan uang kertas 100 juta dollar dan 250 juta dollar. Kemudian berturut-turut mencetak uang kertas bernominal 5 miliar, 25 miliar dan 50 miliar dollar.

Dollar Zimbabwe yang secara resmi dipatok sebesar 30.000 dollar Zimbabwe per satu dollar AS itu, saat ini melonjak menjadi sekitar 800 juta dollar Zimbabwe.

Buset dah! Katanya nih dalam itungan jam aja harga roti sebungkus misalnya bisa naik ampe 10 kali lipat lebih. Huhuhuhu
Itu baru roti. Kaya gimana yak repotnya petugas di supermarket ngeganti label harga-harga barang mulu kerjaannya tiap hari. hahahaha
Trus kalo itungan akuntansi suatu perusahaan misalnya kaya gimana repotnya terus menyesuaikan nilai transaksi harian sebelumnya ama nilai uang paling update. Repottttt!!

Kasian kan orang-orang disana. kalo pendapatan nominalnya naiknya dikit-dikit kan jadi lebih lebih lebih dan lebih miskin.

Untung deh di negara kita ini kagak nyampe segitunya inflasinya. Semoga ke depannya juga enggak. Aminnn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar